Monday, May 22, 2023

Memahami Kurva Permintaan dan Penawaran

 Memahami Kurva Permintaan dan Penawaran

Sumber : Memahami apa itu kurva permintaan dan penawaran dalam bisnis

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diminta konsumen diikuti faktor-faktor yang diasumsikan atau bisa diartikan permintaan sebagai jumlah barang dan jasa yang diminta oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dan situasi tertentu.

Sedangkan penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga dan faktor-faktor yang diasumsikan tetap. Penawaran bisa diartikan sebagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen di berbagai tingkat harga tertentu.

Kurva Permintaan dan Penawaran
Kurva permintaan dan penawaran mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk melihat faktor yang mempengaruhi naik turunnya barang di pasaran. Dan kurva tersebut dibagi menjadi 2 yaitu kurva permintaan dan penawaran.

1. Kurva Permintaan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, permintaan akan meningkat jika harga turun. Nah, kurva permintaan adalah penggambaran dari pernyataan tersebut yang nantinya berupa gambar agar lebih mudah memahaminya.
Pada kurva ini mempunyai kemiringan negatif, artinya kurva ini menurun dari kiri atas ke kanan bawah dan menunjukkan harga barang dengan permintaan berbanding terbalik.
Kurva permintaan bisa mengalami pergeseran faktor yang mempengaruhi pendapatan, apabila pendapatan meningkat maka kurva bergeser sejajar ke kanan dan bila turun kurva permintaan sejajar ke kiri. Contohnya seperti ini.

2. Kurva Penawaran
Pada kurva penawaran kebalikannya dari kurva permintaan, apabila harga suatu barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga naik. Kurva ini mempunyai kemiringan positif artinya kurvanya naik dari pojok kiri bawah ke kanan atas seperti gambar dibawah ini.
Tidak hanya kurva permintaan yang mengalami pergeseran tetapi kurva penawaran juga, faktornya bisa disebabkan perubahan harga barang dan lainnya. Fungsi dari kurva ini adalah sebagai pembanding harga dengan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan.

No comments:

Post a Comment