Invoice digunakan perusahaan untuk melakukan penagihan kepada pembeli dimana di dalamnya berisi rincian barang yang dibeli, harga yang harus dibayar, dan tanggal pembelian. Penagihan yang dimaksudkan di sini adalah dalam bentuk kredit. Kawan Kledo dapat menggunakan template invoice untuk penagihan, namun sebenarnya gimana sih cara mengirimkan invoice ini?
Sebelum membahas lebih lanjut tentang pengiriman invoice, ada beberapa hal yang harus Kawan Kledo ketahui tentang invoice. Apa saja kira-kira?
Hal-Hal yang Harus Diketahui tentang Invoice

Sebagai alat yang digunakan untuk penagihan kepada pelanggan yang membeli secara kredit, invoice harus benar-benar dipahami oleh pemilik bisnis, termasuk kompenan yang ada di dalam invoice. Berikut komponen invoice yang harus Kawan Kledo ketahui sebelum mengirimkan invoice kepada pelanggan:
Pelanggan yang menjadi tujuan penagihan
Identitas penagih atau perusahaan yang membuat invoice
Nomor invoice
Daftar barang-barang yang dibeli oleh pelanggan
Jumlah pembayaran yang harus dibayar
Tujuan pembayaran yaitu rekening atau bank perusahaan.
Setelah mengetahui komponen-komponen yang ada dalam invoice, selain sebagai alat tagihan pembayaran kredit, invoice memiliki fungsi apa lagi?
Dokumen yang didalamnya memuat rincian pembelian, hal ini dikarenakan invoice memiliki fungsi melakukan tagihan agar pelanggan segera membayar barang atau jasa yang telah dibeli.
Menjadi informasi mengenai barang atau jasa yang telah dibeli.
Memuat kalkulasi barang apa saja yang dibeli oleh pelanggan dan bagaimana pembayaran akan dilakukan. Metode pembayaran ini biasanya dilakukan sesuai dengan kesepakatan.
Lebih mudah dalam melakukan pengelolaan keuangan.
Sebagai tujukan ketika ingin menjual kembali barang yang telah dibeli.
Tips Supaya Invoice Segera Dibayar oleh Pelanggan

Dalam mengirimkan invoice, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu mengirimkannya saat jatuh tempo, menggunakan reminder, memberikan diskon, dan melakukan review invoice. Kawan Kledo bisa membacanya lebih lengkapnya di bawah ini:
Saat Jatuh Tempo
Cara pertama yang bisa dilakukan agar pembayaran dapat dilakukan lebih cepat adalah dengan cara menjelaskan waktu jatuh tempo. Di sini Kawan Kledo harus menjelaskan kapan terakhir harus dilakukan pembayaran. Kawan Kledo dapat menunda pengiriman produk jika pelanggan belum juga melakukan pembayaran. Pihak penjual biasanya memberikan info yang kurang akurat seperti 30 hari setelah pembelian. Padahal dibandingkan seperti itu lebih baik tetapkan tanggal yang jelas untuk waktu jatuh tempo.
Memberikan Diskon
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengirimkan invoice ke pelanggan adalah dengan cara memberikan diskon khusus. Semua orang pasti menyukai diskon, terlebih jika diskon yang diberikan cukup besar. Kawan Kledo bisa menggunakan strategi diskon untuk agar invoice dapat dibayar lebih cepat. Kawan Kledo bisa memberikan diskon yang lebih besar bagi pelanggan yang bisa membayar invoice lebih cepat.
Sebagai contoh, Kawan Kledo memberikan potongan harga atau diskon sebesar 5% bagi pelanggan yang dapat melakukan pembayaran di hari pertama dari waktu jatuh tempo yang disepakati. Sedangkan potongan harga 4% di hari kedua waktu jatuh tempo yang disepakati. Agar lebih menarik lagi, berikan maksimal potongan harga Rp5.000 untuk pelanggan.
No comments:
Post a Comment