Sumber : Kurva Permintaan : Pengertian, Faktor Pengaruh beserta fungsinya
Permintaan dapat diartikan sebagai jumlah barang dan jasa yang diminta oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dan situasi tertentu.
Jenis permintaan sendiri dibagi menjadi 2 yaitu permintaan absolut merupakan permintaan barang dan jasa umum disertai atau tanpa disertai kemampuan membeli.
Sedangkan permintaan efektif adalah permintaan barang dan jasa yang disertai kemampuan membeli.
Faktor yang Mempengaruhi Pergeseran Kurva Permintaan
1. Tingkat Pendapatan Konsumen: Bila pendapatan konsumen meningkat maka orang akan melakukan pembelian lebih banyak dan begitu sebaliknya jika pendapatan konsumen menurun maka orang akan membeli barang semakin sedikit.
2. Harga Barang Lain: meningkatnya harga barang substitusi (barang pengganti) maka permintaan barang akan meningkat dan sebaliknya jika harga substitusi menurun maka permintaan barang tersebut juga menurun.
3. Jumlah Penduduk: karena jika penduduk disuatu wilayah banyak maka tingkat permintaan terhadap barang dan jasa juga meningkat.
4. Intensitas Kebutuhan: semakin penting barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan seseorang maka jumlah permintaannya akan semakin meningkat.
5. Selera : Permintaan meningkat jika ada peningkatan selera terhadap suatu jenis barang atau jasa.
Kurva Permintaan adalah penggambaran dari pernyataan tersebut yang nantinya berupa gambar agar lebih mudah memahaminya.
Pada kurva ini mempunyai kemiringan negatif, artinya kurva ini menurun dari kiri atas ke kanan bawah dan menunjukkan harga barang dengan permintaan berbanding terbalik. Contoh cara membuat kurva permintaan seperti gambar dibawah ini.
Pergeseran kurva permintaan dapat disebabkan oleh dua faktor utama yaitu faktor ceteris paribus (barang itu sendiri) disesuaikan dengan pendapatan pembeli dan perubahan harga barang pendukung.
Apabila pendapatan meningkat maka kurva bergeser sejajar ke kanan dan bila turun kurva permintaan sejajar ke kiri.
Ada 2 analogi dalam bisnis terkait grafik permintaan.
Pertama, semakin banyak penawaran dari konsumen membuat penjualan meningkat, tetapi tidak diiringi dengan kualitas produk sehingga harga menjadi turun. banyak kompetitor yang menjual barang serupa, bisa terjadi perang harga karena yang menang adalah yang mampu memberikan harga terendah.
Kedua, semakin tinggi permintaan konsumen maka penjualan meningkat, tapi harus dibarengi dengan kualitas produk yang baik dan kompetitor tidak mempengaruhi harga produk karena loyalitas konsumen.
No comments:
Post a Comment