Di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat, banyak bisnis baru yang bermunculan, salah satunya adalah event organizer. Event organizer merupakan sebuah bisnis kreatif yang menawarkan jasa untuk menggelar atau menjalankan sebuah acara. Jasa event organizer ini sering digunakan untuk mengadakan acara-acara seperti acara musik, seminar, hingga acara pernikahan. Di zaman seperti sekarang keberadaan event organizer sangat membantu karena klien tidak perlu repot memikirkan acara dan hanya perlu fokus dengan persiapan mereka secara pribadi. Kawan Kledo tertarik dengan bisnis satu ini? Tapi bagaimana sih cara memulai bisnis ini?
Ada banyak cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai usaha event organizer namun ada baiknya Kawan Kledo mengatahui terlebih dahulu apa itu bisnis event organizer dari penjelasan yang ada di bawah ini.
Apa itu Bisnis Event Organizer?
Ketika Kawan Kledo memutuskan menjadi seorang event organizer, Kawan Kledo memiliki tanggung jawab untuk mengatur jalannya acara dari awal hingga selesai. Baik acara yang dirancang sendiri oleh Kawan Kledo atau acara yang dirancang orang lain dan Kawan Kledo diminta untuk mengaturnya sesuai keinginan orang tersebut. Segala hal yang ada di belakang layar merupakan tanggung jawab Kawan Kledo sebagai event organizer. Berikut tugas-tugas event organizer:
Menyusun dan mengatur anggaran yang dibutuhkan untuk setiap hal dalam event tersebut
Menentukan dan memastikan perlengkapan yang dibutuhkan tersedia
Memastikan lokasi yang diinginkan pemilik acara dapat dan layak untuk digunakan
Memastikan tim dapat bekerja sama dengan baik
Memastikan akomodasi, transportasi, dan konsumsi dapat terpenuhi
Dan lain sebagainya.
Tanggung jawab ini tentunya akan disesuaikan dengan acara apa yang sedang Kawan Kledo kerjakan. Bisa saja lebih sederhana dari tanggung jawan di atas dan bisa juga lebih komplek dibandingkan tanggung jawab di atas.
Keterampilan untuk Menjadi Event Organizer
Menjadi seorang event organizer bukan sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua orang. Ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki seseorang untuk menjalankan bisnis event organizer ini. Ini dilakukan agar bisnis yang Kawan Kledo jalankan dapat berjalan dengan lancar dan juga untuk mengurangi risiko kegagalan. Berikut beberapa keterampilan yang harus Kawan Kledo miliki untuk menjalankan bisnis event organizer:
1. Menguasai Software Akuntansi
Keterampilan pertama yang sebaiknya Kawan Kledo miliki adalah keterampilan dalam menggunakan software akuntansi atau software pembukuan. Selain menggunakan software akuntansi, Kawan Kledo sebenarnya bisa menggunakan Microsoft Excel. Software akuntansi ataupun Microsoft Excel digunakan untuk menyusun anggaran bisnis event organizer. Dengan software akuntansi atau Microsoft Excel Kawan Kledo juga akan lebih mudah dalam memantau dan memeriksa anggaran keuangan sehingga pengelolaan keuangan bisnis dapat dikelola dengan baik.
2. Teliti dan Detail
Untuk menjadi seorang event organizer, diperlukan seseorang yang teliti dan mampu memperhatikan hal-hal detail terkait jalannya acara. Dengan begitu acara tersebut dapat berjalan sesuai keinginan klien. Untuk mendapatkan kemampuan ini, Kawan Kledo harus memiliki pengalaman yang bisa didapatkan dengan mengikuti berbagai event dan membantu penyelenggara untuk mengatur jalannya acara.
3. Mampu Bernegosiasi
Kemampuan bernegosiasi dibutuhkan jika Kawan Kledo ingin memulai bisnis event organizer, terlebih jika event tersebut membutuhkan sponsor. Dengan kemampuan negosiasi ini Kawan Kledo dapat menarik sponsor untuk mendukung acara yang Kawan Kledo selenggarakan.
Langkah Membangun Bisnis Event Organizer
Kawan Kledo sudah memutuskan untuk membangun bisnis event organizer? Nah, berikut langkah-langkah yang bisa Kawan Kledo lakukan agar bisnis event organizer Kawan Kledo dapat meraih kesuksesan:
1. Carilah Pengalaman Terlebih Dahulu
Langkah pertama yang harus Kawan Kledo lakukan untuk mengembangkan bisnis event organizer adalah dengan mencari dan menambah pengalaman terlebih dahulu. Terlebih bagi Kawan Kledo yang belum memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan sebuah acara. Dari pengalaman ini Kawan Kledo dapat belajar banyak hal, mulai dari untuk lebih teliti, lebih detail, dan juga membangun relasi untuk keperluan promosi di kemudian hari.
Kawan Kledo bisa mencari pengalaman dengan bergabung dalam kepanitiaan acara di sekitar rumah, sekolah, kampus, atau bergabung dnegan event organizer yang sudah ada supaya Kawan Kledo dapat mempelajari seluk-beluk bisnis event organizer dari sana. Selain itu, cobalah bekerja di berbagai seksi yang ada dalam sebuah acara. Hal ini dilakukan agar Kawan Kledo dapat memahami job desk dari keseluruhan seksi yang ada.
2. Kumpulkan Tim
Setelah Kawan Kledo memiliki pengalaman dalam bidang event organizer, tugas selanjutnya yang harus Kawan Kledo lakukan adalah mengumpulkan tim. Event organizer merupakan sebuah bisnis yang harus dikerjakan dalam tim alias tidak bisa dikerjakan secara pribadi, untuk itu tim menjadi sebuah keharusan untuk membangun bisnis ini. Sebenarnya Kawan Kledo bisa merekrut orang lain hanya ketika ada acara, namun cara seperti itu kurang efektif. Dengan adanya tim, Kawan Kledo dapat mengkoordinir dengan lebih mudah dan efektif. Tim di sini memiliki tugas merancang konsep, menyusun anggaran dan proposal, dan tugas-tugas penting lainnya.
Lebih lengkapnya bisa baca di sini.
No comments:
Post a Comment