Monday, May 22, 2023

PENTINGNYA ETIKA BISNIS & PROFESI BAGI AKUNTAN

 Etika bisnis menjadi kebutuhan penting bagi semua profesi, pendidikan selama ini menekankan arti penting nilai akademik. Pangajaran integritas, kejujuran, komitmen, dan keadilan diabaikan sehingga terjadilah krisis multi dimensi seperti krisis ekonomi, krisis moral dan krisis kepercayaan. Akhir-akhir ini, terdapat beberapa kasus akuntan dituduh sebagai penyebab terjadinya krisis ekonomi. Melanggar kepatuhan, akuntan dianggap telah bertindak menyimpang dan berperliku etis. Kasus pelanggaran kode etik akuntan, transparansi serta kejujuran dalam pengelolaan lembaga yang merupakan salah satu derivasi amanah reformasi ternyata belum sepenuhnya dilaksanakan oleh salah satu badan usaha milik negara, yakni PT Kereta Api Indonesia.


Dalam laporan kinerja keuangan tahunan yang diterbitkannya pada tahun 2005, PT KAI mengumumkan bahwa keuntungan sebesar Rp. 6,90 milyar telah diraihnya. Padahal, apabila dicermati, sebenarnya PT KAI harus dinyatakan menderita kerugian sebesar Rp. 63 milyar. Kerugian ini terjadi karena PT  KAI telah tiga tahun tidak dapat menagih pajak pihak ketiga. Tetapi, dalam laporan keuangan, pajak pihak ketiga dinyatakan sebagai pendapatan. Padahal, berdasarkan standar akuntansi keuangan, PT KAI tidak dapat dikelompokkan dalam bentuk pendapatan atau asset. Dengan demikian, kekeliruan dalam pencatatan transaksi atau perubahan keuangan telah terjadi di sini. Banyak terdapat kejanggalan dalam laporan keuangannya. Beberapa data disajikan tidak sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Hal ini mungkin sudah biasa terjadi dan masih bisa diperbaiki. Namun, yang menjadi permasalahan adalah pihak auditor menyatakan Laporan Keuangan tersebut wajar tanpa pengecualian dan tidak ada penyimpangan dari standar akuntansi keuangan. Hal ini disebabkan karena semakin meningkatnya persaingan membuat para akuntan bertindak menyimpang dari peraturan, undang undang dan standar auditing.

Etika bisnis adalah pengetahuan tentang tata cara ideal dalam pengaturan dan pengelolaan antara lain, norma dan moralitas yang berlaku secara universal dan berlaku secara ekonomi dan sosial. Yang memiliki tujuan untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruknya perilaku atau tindakan manusia dalam ruang dan waktu tertentu dan Mangajak orang bersikap kritis dan rasional dalam mengambil keputusan secara otonom. Sebagian orang beranggapan bahwa dalam menjalankan bisnis dan profesi tidak perlu mengindahkan aturan-aturan, prinsip-prinsip serta nilai moral yang berlaku dalam bisnis dan profesi karena bisnis dan profesi merupakan suatu persaingan, sehingga pelaku bisnis dan profesi harus memfokuskan diri untuk berusaha dengan berbagai macam cara dan upaya agar bisa menang dalam persaingan bisnis dan profesi yang ketat. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena beberapa perusahaan dapat berhasil karena memegang teguh kode etis dan komitmen moral tertentu. Kode etik merupakan sistem norma, nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik, dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Sedangkan kode etik akuntan Indonesia, yaitu norma perilaku etika akuntan di Indonesia dalam memenuhi tanggung jawab profesinya yang mengatur hubungan antara akuntan publik dengan klien, antara akuntan publik dengan rekan sejawat dan antara profesi dengan masyarakat.

Dalam etika profesi, sebuah profesi memiliki komitmen moral yang tinggi, yang biasanya dituangkan dalam bentuk aturan khusus yang menjadi pegangan bagi setiap orang yang mengemban profesi yang bersangkutan. Aturan ini merupakan aturan main dalam menjalankan atau mengemban profesi tersebut yang biasanya disebut sebagai kode etik yang harus dipenuhi dan ditaati oleh setiapprofesi. Prinsip-prinsip etika profesi seorang akuntan yang perlu diterapkan dalam menjalankan pekerjaan sesuai dengan aturan seperti, tanggung jawab profesi, kepentingan publik, integritas, obyektivitas, kompetensi dan kehati-hatian profesional, kerahasiaan perilaku profesional, dan standar teknis. Berbagai pelanggaran etika telah banyak terjadi saat ini dan dilakukan oleh akuntan, misalnya berupa perekayasaan data akuntansi untuk menunjukkan kinerja keuangan perusahaan agar terlihat lebih baik, ini merupakan pelanggaran akuntan terhadap etika profesinya yang telah melanggar kode etik akuntan karena akuntan telah memiliki seperangkat kode etik tersendiri yang disebut sebagai aturan tingkah laku moral bagi akuntan dalam masyarakat.


-Dianjullinita/201910170311242/VIIA

Bimbel Les Privat Surabaya - Guru Les Privat Surabaya

 les privat surabaya | guru privat surabaya | kursus privat di surabaya | guru les surabaya | lbb privat surabaya | bimbel surabaya | bimbel privat | Bimbel Privat Surabaya | Bimbingan Belajar | Bimbingan Belajar Surabaya | Guru Les | Guru Les Privat | Guru Les Privat Surabaya | Les Murah Surabaya | Guru Les Private | Les Privat Bahasa Ingris Surabaya | Les Bahasa Inggris Surabaya | Guru Privat | Guru Private | Les Privat | Les Private | Les Private Surabaya | Privat Surabaya | Harga Les Privat Surabaya | Les privat Plus | Bimbel Les Privat

Customer Service (031) 5924865 - 0857 3333 5511
Bimbel Les Privat Surabaya - Guru Les Privat Surabaya
About Us

Lembaga Bimbingan Belajar (Les Privat) SIGMA CENTER adalah lembaga penyedia layanan jasa les privat untuk SD, SMP, SMA, SPMK Universitas Brawijaya, Ujian Masuk Jalur Mandiri UNAIR, SNMPTN/UMPTN/SBMPTN. Guru privat datang ke rumah dengan spesialisasi pengajaran berdasarkan keahlian tentor. Konsep pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan sekolah.

Pengajar LBB Privat SIGMA CENTER adalah mahasiswa/i dan alumni ITS, UNAIR, UNESA, dan berbagai Perguruan Tinggi lainnya yang telah memiliki pengalaman, diseleksi dan diarahkan mengajar sesuai dengan spesialisasi dalam bidang ilmu yang dikuasai.

Mengapa HARUS Memilih LBB Privat SIGMA CENTER??

1. Tentor dari Universitas ternama di Surabaya

2. Materi yang up-to-date

3. Driil soal dan pembahasan

4. Laporan Evaluasi perkembangan siswa

5. LBB Privat SIGMA CENTER berorientasi pada pelayanan terbaik

6. Kemudahan dalam pembayaran les privat (via transfer bank)

Program Les Privat LBB SIGMA CENTER

Les Privat SD (matematika, IPA/Sains, bhs.inggris)
Les Privat SMP (matematika, fisika, biologi, bhs.inggris)
Les Privat SMA (matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi/akuntansi, sejarah, geografi, sosiologi, bhs indonesia, bhs.inggris)
Les Privat Intensif UN untuk SD, SMP, SMA
Les Privat Intensif SPMK Universitas Brawijaya, Ujian Masuk Jalur Mandiri UNAIR, Simak UI, UM UGM, SNMPTN/SBMPTN
Waktu Les Privat

Jumlah pertemuan dalam satu minggu flexsibel (sesuai keinginan siswa). Waktu les disesuaikan dengan kesepakatan bersama (antara siswa dan tentor), lamanya les dalam satu kali pertemuan adalah 1,5 jam.

Biaya Les Privat

Les Privat SD = Rp. 35.000/pertemuan
Les Privat SMP = Rp. 45.000/pertemuan
Les Privat SMA = Rp. 55.000/pertemuan*
Les Privat Intensif UN, SPMK UNIBRAW, UM UNAIR, SNMPTN = Rp. 65.000/pertemuan
nb: * untuk kelas X dan XI
apabila siswa telah mengikuti les privat dari kelas X atau XI, maka biaya les privat Intensif = biaya les privat SMA | * biaya les bisa berubah tiap tahun (silahkan hub customer service untuk mengetahui biaya les terbaru)

Berdasarkan mata pelajaran yang dibutuhkan oleh siswa, LBB SIGMA CENTER siap mendampingi belajar untuk mata pelajaran : Matematika, IPA (Fisika, Kimia, Biologi), dan Bhs.Inggris. Kami siap mengirimkan guru les ke rumah, guru privat yang siap memberikan les privat sesuai permintaan Anda.

Info selengkapnya, hubungi :

Customer service (CS) SIGMA CENTER

(031) 5924865 - 0857 3333 5511
www.lesprivatsurabaya-plus.com

LBB Privat SIGMA CENTER memberikan layanan Les Privat untuk daerah Surabaya dan Sidoarjo.

Pastikan memilih Les Privat terbaik untuk putra - putri anda. LBB SIGMA CENTER siap memberikan support terbaik untuk Anda. Kami siap membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan akademis putra - putri tercinta.

SIGMA CENTER selalu siap untuk Anda!

Salam hangat,

LBB SIGMA CENTER

Les Privat Ke Rumah Sigma Ganesha

 SIGMA GANESHA  merupakan Lembaga bimbingan belajar & les privat ke rumah untuk TK, SD, SMP, SMA dan Umum. Berdiri sejak tahun 2002, hingga kini Lembaga Bimbingan belajar & les privat Sigma Ganesha terus tumbuh dan berkembang seiring dengan kebutuhan para siswa dan orang tua akan les privat. Dengan kepercayaan para orang tua & siswa lembaga bimbingan belajar & les privat Sigma Ganesha mampu untuk turut serta dalam upaya mencerdaskan generasi penerus bangsa dengan membantu menjadikan siswa berprestasi dan unggul serta memiliki daya saing yang tinggi dimasa depan. 


Didukung oleh banyaknya staf pengajar yang berpengalaman dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh para siswa dan orangtua  lembaga bimbingan belajar dan les privat Sigma Ganesha mampu mengakomodir harapan orang tua dan siswa seiring dengan tuntutan kebutuhan akan belajar les privat di rumah.  Para pengajar les privat Sigma Ganesha adalah mahasiswa dan atau lulusan yang dipilih dari berbagai jurusan dari PTN ternama seperti ITB, UI, IPB, UNPAD, UNJ, UPI, dan PTN lain yang mempunyai komitmen tinggi dalam bidang pendidikan dan peningkatan prestasi siswa dan telah berpengalaman dibidangnya. 

Lembaga Bimbingan belajar & Les Privat Sigma Ganesha telah banyak mengantarkan siswanya meraih prestasi terbaik di sekolah serta masuk ke berbagai sekolah-sekolah unggulan dan Perguruan Tinggi terkemuka, seperti: ITB, UI, UGM, UNPAD, IPB, UNDIP, dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai les privat ke rumah Sigma Ganesha dapat menghubungi 081295800765 atau 087870651432

3 Contoh Naskah News Anchor

 1. Saudara, sebanyak 24 anak usia balita di Jawa Timur mengalami gagal ginjal akut misterius. 13 di antaranya meninggal dunia usai menjalani perawatan lebih dari 7 hari di rumah sakit. Penyakit gagal ginjal akut misterius menyebabkan 24 anak balita di Jawa Timur harus menjalani perawatan hemodialisis. 13 di antaranya meninggal dunia Ikatan Dokter anak Indonesia mengimbau agar patut diwaspadai apabila anak mengalami gejala dehidrasi dan tidak buang air kecil dalam kurun waktu 6 jam. Sebaiknya segera mendatangi IGD untuk pemeriksaan lebih lanjut.


2. Keluarga almarhum Brigadir Yoshua Hutabarat meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman yang setimpal pada para pelaku pembunuhan Yoshua. Keluarga saat ini tengah fokus mempersiapkan sejumlah nama saksi yang akan dihadirkan pada sidang Selasa pekan depan.


3.
 Doni Salmanan tengah menjadi pembicaraan hangat warganet usai hilangnya akun media sosial miliknya beberapa waktu lalu. Sosok Doni Salmanan mulai mencuri perhatian publik usai berdonasi Rp 1 miliar melalui live streaming di channel YouTube Reza Arap.


Akibat aksinya tersebut, banyak publik yang bertanya-tanya sosok  Crazy Rich dari kota Bandung itu. berikut kami tampilkan videonya hanya untuk anda.

Mengenal Asal Sejarah

 Sejarah, babad, hikayat, riwayat, atau tambodalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal-usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah.

[1] Adapun ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia.
[2] Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah atau ahli sejarah disebut sejarawan.
Dahulu, pembelajaran mengenai sejarah dikategorikan sebagai bagian dari ilmu budaya (humaniora). Akan tetapi, kini sejarah lebih sering dikategorikan ke dalam ilmu sosial, terutama bila menyangkut perunutan sejarah secara kronologis. Ilmu sejarah mempelajari berbagai kejadian yang berhubungan dengan kemanusiaan pada masa lalu. Ilmu sejarah dapat dibagi menjadi kronologi, historiografi, genealogi, paleografi, dan kliometrik.

Pengertian Sejarah menurut para ahli

• J.V. Bryce
Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

• W.H. Walsh
Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

• Patrick Gardiner
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

• Roeslan Abdulgani
Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

• Moh. Yamin
Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

• Ibnu Khaldun (1332-1406)
Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

• Moh. Ali
Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:
1. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
Dari beberapa uraian di atas dibuat kesimpulan sederhana bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, unik, dan penting.

• Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.
• Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang persis sama untuk kedua kalinya.
• Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak.


Ahli sejarah mendapatkan informasi mengenai masa lampau dari berbagai sumber, seperti catatan yang ditulis atau dicetak, mata uang atau benda bersejarah lainnya, bangunan dan monumen, serta dari wawancara (yang sering disebut sebagai "sejarah penceritaan", atau oral history dalam bahasa Inggris). Untuk sejarah modern, sumber-sumber utama informasi sejarah adalah: foto, gambar bergerak (misalnya: film layar lebar), audio, dan rekaman video. Tidak semua sumber-sumber ini dapat digunakan untuk penelitian sejarah, karena tergantung pada periodeyang hendak diteliti atau dipelajari. Penelitian sejarah juga bergantung pada historiografi, atau cara pandang sejarah, yang berbeda satu dengan yang lainnya.




Resensi Buku Sejarah Lokal

 Istilah sejarah daerah sebagai sejarah yang wilayahnya dipertentangkan dengan nasional atau pusat telah memberi pengertian bahwa istilah itu ambigu. Untuk menjembatani kekacauan konsensus terhadap unsur ruang atau spatial dalam sejarah lokal, maka ada tiga pengertian, yang meliputi: Unit administrative politis; unit kesatuan etniskultural; dan daerah administrative politis.

Sejarah lokal sebagai micro-unit merupakan unit historis yang mempunyai ciri khas sebagai kesatuan etnis dan kultural sebagai salah satu dimensi dari sejarah nasioanal Indonesia. Objek sejarah lokal tidak identik dengan objek sejarah nasional Indonesia, baik aspek temporal maupun sosial. Pernyataaan bahwa sejarah lokal hanya sebagai bahan pelengkap sejarah nasional Indonesia merupakan bentuk sikap rendah diri. Secara prinsipil, semua peristiwa yang tertulis dalam sejarah nasional Indonesia adalah peristiwa lokal.
Seorang sejarawan dalam mempelajari peristiwa-peristiwa masa lampau hendaknya menentukan pembatasan-pembatasan yang akan memungkinkan mereka membatasi ruang lingkup kegiatannya dengan menerapkan dasar kategorisasi peristiwa sejarah, yaitu melihat peristiwa-peristiwa itu dalam rangka apa yang disebut “unit sejarah atau unit historis”. Dalam kategorisasi peristiwa sejarah ialah adanya kerangka yang mewujudkan kesatuan yang didalamnya mengandung pola-pola dari fakta-fakta yang berada dalam satu kerangka dan didalamnya terkandung aspek kesatuan tempat (waktu) serta kesatuan spatial (ruang atau tempat) dari rangkaian peristiwanya. Mengenai aspek kesatuan spatial dari unit historis berkaitan dengan usaha membuat kategori-kategori batas lingkup kompleks peristiwa sejarah, yang bervariasi dari unit dengan skup spatial yang sangat luas sampai ke unit-unit terbatas.
Dengan demikian, unit-unit historis itu terwujud dari berbagai kategori yang menyebabkan adanya variasi lingkup sejarah, dari melebar atau meluas sampai yang menyempit atau terbatas. Lingkup historis yang bersifat meluas itu sering disebut dimensi makro dari sejarah atau sejarah makro, sedang lingkup yang sempit terbatas disebut dimensi mikro atau sejarah mikro.
Penulisan sejarah seharusnya menunjukkan kontinuitas karena sejarah itu memanjang dalam waktu atau diakronis. Diakronisme dalam sejarah memungkinkan penulisannya ditempuh dengan periodisasi, yaitu ditulis dari zaman ke zaman. Diskontinuitas sejarah terjadi bukan hanya terjadi karena kekosongan data sejarah, tetapi juga kekosongan hasil-hasil penelitian. Langkah-langkah yang ditempuh dalam mencermati penulisan sejarah Nasional Indenosia adalah:
1. Mengidentifikasi urutn unit-unit yang dominan agar mainstream (aliran pokok) Sejarah Nasional Indonesia dapat digariskan
2. Mainstream Sejarah Nasional Indeonesia mempunyai hubungan dengan sejarah local
3. Pemilihan proses-proses historis umum dan mainstream tergantung sudut pandang, interpretasi dan approach
4. Approach structural-fungsional digunakan apabila sejarah local relevan dengan proses historis umum dan mainstream tersebut.
Titik tolak studi sejarah lokal untuk usaha menyumbang bagi Sejarah Nasional Indonesia akan memancing kesulitan metodologis, menuntut perumusan permasalahan yang berbeda-beda dan skala pentingnya peristiwa tidak sama. Sejarah lokal merupakan sejarah yang tingkat abstraksinya rendah, sehingga penjelasan sejarahnya lebih bersifat detail, sedangkan tingkat abstraksi Sejarah Nasioanal itu tinggi, sehingga lebih bersifat umum. Pemahaman terhadap karya historiografi tradisional itu ditentukan oleh penghayatan kultural pembaca, sehinga tanpa penghayatan tersebut, kredibilitas menjadi lebur, atau hampir lebur dalam objeknya. Historiografi tradisional merupakan suatu karya yang tidak dapat dianggap sebagai karya yang sudah selesai. Jadi, sebagai sumber, historiografi tradisional berkedudukan sebagai sumber sekunder. Pada intinya, historiografi tradisional mencerminkan pernyataan riil yang dihayati dan patokan nilai yang dihayati (diberi makna, ditafsirkan berdasarkan the myth of concern).
Untuk mendapatkan data sejarah desa, seorang peneliti harus mengumpulkan folklore secara multidisipliner. Artinya, ia tidak sekedar mengumpulkan lore, yaitu teks cerita prosa rakyat, tetapi juga folk, yaitu konteks latar belakang kebudayaan dari masyarakat yang memiliki teks tersebut. Secara keseluruhan folklore data didefinisikan yaitu sebagian kebudayaan suatu kolektif, yang tersebar dan diwariskan turun temurun, dinatara kolektif macam apa saja, secara tradisisonal dalam versi yang berbeda, baik dalam bentuk lisan maupun contoh yang disertai gerak isyarat.

DANA FUNDER TANPA BI CHECK

 COVER WILAYAH INDONESIA!

proses pencairan cepat


Kami membantu anda yang membutuhkan Modal pengembangan usaha ataupun pelaksanaan proyek Seperti Restoran, Cafe, Proyek pengembangan Rumah Sakit, Proyek Pemerintah dll.


Spoiler for apa itu funder?


Spoiler for buat apa dia salurin dana?


Spoiler for gimana cara ketemu funder?


Spoiler for gimana biar funder tertarik?


Skema;
1.jangka panjang/pendek
2.pinjaman SHM
3.kerjasama investor

More info inbox
whatsapp bit.ly/083843968386DANA FUNDER TANPA BI CHECK